Sosialisasi Tata Cara Verifkasi Profil Know Your Customer (KYC) SATUSEHAT Mobile untuk Tim Operasional Fasyankes
Sosialisasi Tata Cara Verifkasi Profil Know Your Customer (KYC) SATUSEHAT Mobile untuk Tim Operasional Fasyankes
Kamis, 6 Februari 2025 telah dilaksanakan Sosialisasi Tata Cara Verifkasi Profil Know Your Customer (KYC) SATUSEHAT Mobile untuk Tim Operasional Fasyankes di Aula I Dikes PPKB. Acara ini merupakan persiapan pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) yang akan dilaksanakan mulai bulan Februari. Acara dibuka oleh Asisten 1 Sekda R. Agung Pambudi, selanjutnya dr. Uskar Yulinanto, MM (Kepala Puskesmas Ambal I) sebagai narasumber menyampaikan Tata Cara Verifikasi Profil Know Your Customer (KYC) SATUSEHAT Mobile untuk Tim Operasional Fasyankes dan simulasi entry hasil PKG melalui Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES). Verifikasi Profil (KYC) merupakan proses yang dilakukan untuk memverifikasi identitas pengguna SATUSEHAT Mobile untuk menghubungkan akun utama dalam SATUSEHAT Mobile dengan data rekam medis menggunakan nomor SATUSEHAT.
Pelaksanaan PKG Hari Ulang Tahun didukung oleh platform Sistem Informasi Kesehatan Nasional SATUSEHAT. Sistem ini membantu masyarakat untuk mendapatkan pengingat, mengatur jadwal kunjungan, memperoleh hasil pemeriksaan serta mendapatkan edukasi kesehatan sesuai hasil pemeriksaan. Karena itu masyarakat harus mengunduh dan memiliki akun di aplikasi SATUSEHAT Mobile (SSM), melakukan verifikasi profil (KYC) di fasilitas pelayanan kesehatan, dan melakukan pendaftaran PKG Hari Ulang Tahun melalui SSM atau WhatsApp (WA) Chatbot Kementerian Kesehatan di nomor (0812-7887-8812). Masyarakat yang tidak memiliki akun SSM dapat berkunjung langsung ke FKTP dan membawa Identitas diri KTP/Kartu Identitas Anak/KK untuk mengakses PKG Hari Ulang Tahun.